Reward dan Punishment Untuk Motivasi Kinerja Karyawan


Reward dan Punishment Untuk Motivasi Kinerja Karyawan.

Ilmu psikologi memang memiliki ruang lingkupyangsangat luas, dalam dunia perusahaan pun kita masih perlu mempelajari ilmu psikologi, yaitu Psikologi Industri dan Organisasi (PIO). Saya akan menjelaskan sedikit salah satu variable dari PIO ini yaitu Reward dan Punishment Untuk Kinerja Karyawan

Dizaman yang globalisasi ini persaingan bisnis industri atau organisasi pasti mengalami persaingan yang ketat. Banyaknya pesaing dan tuntutan untuk mencapai target pemasaran pasti sangat mengambil peran penting karwayan-karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Berbagai cara atau metode pasti telah diambil oleh perusahaan untuk mencapai target, menjaga dan meningkatkan kualitas perusahaan, salah satu metode yang banyak dipakai adalah sistem reward dan punishment untuk motivasi kinerja yang maksimal bagi karyawan-karyawannya.



Reward (penghargaan/imbalan), yang diberikan untk karyawan karena kerja kerasnya yang telah mencapai target sebagai bentuk pengakuan yang dipublikasi untuk memacu rekan-rekan sesama karyawan untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.
Punishment (hukuman), yang diberikan untuk karyawan karena lalai atau melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan punishment ini intinya adalah untuk memperbaiki diri kearah yang lebih baik.

Metode ini adalah metode yang umum dilakukan oleh perusahaan mengingat pentingnya sumber daya manusia yaitu karyawan-karyawan. Dengan adanya reward dan punishment karyawan diharapkan bisa termotivasi lebih untuk bekerja dengan semaksimal mungkin dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan serta meningkatkan kualitas baik untuk perusahaan maupun karyawan itu sendiri. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Review Jurnal Psikologi Internet