Reward dan Punishment Untuk Motivasi Kinerja Karyawan
Reward dan Punishment Untuk Motivasi Kinerja Karyawan.
Ilmu psikologi
memang memiliki ruang lingkupyangsangat luas, dalam dunia perusahaan pun kita
masih perlu mempelajari ilmu psikologi, yaitu Psikologi Industri dan Organisasi
(PIO). Saya akan menjelaskan sedikit salah satu variable dari PIO ini yaitu
Reward dan Punishment Untuk Kinerja Karyawan
Dizaman yang
globalisasi ini persaingan bisnis industri atau organisasi pasti mengalami
persaingan yang ketat. Banyaknya pesaing dan tuntutan untuk mencapai target
pemasaran pasti sangat mengambil peran penting karwayan-karyawan yang ada di
perusahaan tersebut. Berbagai cara atau metode pasti telah diambil oleh
perusahaan untuk mencapai target, menjaga dan meningkatkan kualitas perusahaan,
salah satu metode yang banyak dipakai adalah sistem reward dan punishment untuk
motivasi kinerja yang maksimal bagi karyawan-karyawannya.
Reward (penghargaan/imbalan),
yang diberikan untk karyawan karena kerja kerasnya yang telah mencapai target
sebagai bentuk pengakuan yang dipublikasi untuk memacu rekan-rekan sesama karyawan
untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif.
Punishment (hukuman),
yang diberikan untuk karyawan karena lalai atau melanggar aturan yang telah
ditetapkan oleh perusahaan. Tujuan punishment ini intinya adalah untuk
memperbaiki diri kearah yang lebih baik.
Metode ini adalah
metode yang umum dilakukan oleh perusahaan mengingat pentingnya sumber daya
manusia yaitu karyawan-karyawan. Dengan adanya reward dan punishment karyawan
diharapkan bisa termotivasi lebih untuk bekerja dengan semaksimal mungkin dan
bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan serta meningkatkan kualitas baik
untuk perusahaan maupun karyawan itu sendiri.
Komentar
Posting Komentar